A Christmas Carol

A Christmas Carol merupakan dongeng rakyat tentang seorang laki-laki tua yang menjengkelkan, kikir, berpikiran picik, pelit. Lelaki gaek itu, Ebenezer Scrooge (Jim Carrey) yang sehari-harinya adalah seorang penukar uang yang hidupnya hanya mengabdi pada uang, uang dan uang. Tak ada niat untuk menjadi dermawan, dan sakit pelitnya Scrooge engan membayar peti mati saat kematian teman kerjanya, Jacob Marley (Gary Oldman). Parahnya lagi, lelaki bertampang jelek itu malah mengambil koin penutup mata Jacob untuk membayar biaya peti mati.

Intinya, Scrooge tak tertarik pada pertemanan, dunia cinta apalagi suasana Natal, yang merupakan hal sakral yang wajib dikerjakan bagi umat nasrani setiap tahunnya. Namun bagi Scrooge tak ada yang lebih penting adalah uang, uang dan uang.

Tujuh tahun berlalu, pandangan Scrooge terhadap Natal belum berubah dan menganggap Natal adalah suatu pemborosan, pengeluaraan yang tak ada manfaatnya. Karenanya, jangan harap anak-anak tetangga, anak-anak fakir miskin bahkan anak-anak karyawannya dapat mendapatkan bingkisan natal. Bahkan tak ada hari libur untuk karyawannya pada Hari Natal.

Selain itu, pada malam Natal, Scrooge menolak mentah-mentah ajakan makan malam sepupunya Fred (Colin Frith). Scrooge juga

menolak dengan kasar kedatangan pengumpul dana untuk orang miskin.

Tepat malam Natal, Scrooge merasakan ada kejanggalan, keanehan, keajabian di sekelilingnya. Ia mendengar bunyi gemericing rantai yang terseret di luar kamarnya. Betapa kagetnya, ternyata bunyi itu adalah hantu rekan kerjanya, Jacob yang meninggal tujuh tahun lalu. Jacob datang memberi peringatan akan ada tiga sosok gaib yang akan mengantar Scrooge ke tiga masa untuk menyadarkannya akan keajaiban Natal.

Sosok gaib yang pertama muncul, Ghost of Christmas Past berwujud sebuah lilin hidup yang membawa Scrooge ke masa lalu

untuk mengungkap alasannya sangat membenci Natal. Sosok gaib kedua, Ghost of Christmas Presentyang membawanya ke kehidupan orang-orang yang ada disekelilingnya. Scrooge bisa melihat kebahagian, penderitaan, dan juga pandangan orang-orang terhadap dirinya selama ini.

Giliran sosok gaib terakhir yang menghampirinya, Scrooge ketakutan bukan kepalang. Ghost of Christmas Yet to Come,/i>, dengan wujud bayangan hitam yang menakutkan memberikan gambaran akan masa depan yaitu kematian. Dengan kata lain, sosok ketiga ini memperlihatkan apa yang akan terjadi pada Ebenezer jika ia tidak segera mengubah jalan hidupnya.

Keesokan harinya, Natal pun tiba, Scrooge terbangun dari tidurnya. Kejadian semalam ternyata hanyalah sebuah mimpi. Namun, akankah pandangannya terhadap Natal telah berubah? Apakah petualangannya yang teraneh dan cukup menakutkan yang pernah dialami, menyadarkan akan kehidupannya yang keliru? Apakah petualangan itu juga membuatnya sadar akan keajaiban Natal atau malah menambah kikir dan kepicikannya?

Film bertema pesan moral ini, memang sangat berbeda dengan film-film animasi yang pernah dibuat di layar lebar. Film Christmas Carol para penonton akan disuguhkan dark animasi yang tidak terlalu banyak bermain dengan warna-warna terang seperti pada film animasi lainnya. Nuansa malam sebelum Christmas yang menjadi setting dalam film ini, disajikan dengan lebih murung dan gelap. Dan salah satu hal yang menjadikan film ini layak ditonton bersama keluarga adalah pesan-pesan moralitas yang terkandung dalam film animasi ini, sangat mengena.

Bagaimana sikap kita terhadap orang lain tentunya akan sangat mempengaruhi penilaian orang lain pada kita, mungkin memang tidak diungkapkan langsung di depan kita tapi siapa yang tahu apa yang mereka rasakan dan katakan dibelakang kita. Walaupun sarat akan pesan yang disampaikan secara halus, namun menyaksikan film ini sejak awal hingga akhir akan sedikit terasa membosankan karena film ini tidak terlalu banyak bermain dalam zona komedi dan para penonton diajak untuk berpikir cukup dalam.

Kekonyolan Jim Carrey dalam berakting memang sangat kuat, sehingga mengantarkan film terbarunya A Christmas Carol ke puncak box office. Meraup 31 juta dolar AS, film itu sukses mendepak jawara pekan lalu This Is It, yang merupakan film dokumenter mendiang Michael Jackson.

Jenis Film : Drama Animation – Semua Umur
Pemain : Jim Carey, Gary Oldman, Colin Frith
Sutradara : Robert Zemeckis
Produser : Jack Rapke, Steve Starkey, Robert Zemeckis
Produksi : Walt Disney Pictures
Durasi : 120 menit

http://www.kabarbisnis.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s