Klompen unik

NederlandKlompen

Selain Kincir angin , Belanda juga terkenal dengan sepatu kayu yang disebut Klompen atau di Inggris disebut Clogs (sandal/ bakiak) adalah sepatu kayu yang biasa digunakan penduduk Belanda pada zaman dahulu kala. Dikarenakan bahannya yang terbuat dari kayu, sepatu macam ini dapat membuat kaki menjadi sedikit lebih hangat dimusim dingin. Pada masa sekarang , Klompen  sudah jarang digunakan sebagai alas kaki namun  sudah berubah menjadi barang yang dipergunakan sebagai souvenir untuk para turis.

Salah satu tempat pembuatan klompen ada di satu tempat yang sama dengan dimana kami mengunjungi pembuat keju, yaitu di Cheese and Clogs making. Banyak sekali klompen aneka bentuk,model dan warna yang siap dibeli dan dibawa sebagai cinderamata khas dari negeri Belanda.

Proses pembuatan Klompen yaitu dengan menggunakan sepotong kayu poplar yang kemudian dipahat dengan menggunakan pisau pemotong kayu untuk membentuk bagian luarnya. Jika sudah selesai, barulah dibentuk lubang dengan cara mencungkil bagian tengahnya untuk membuat bagian dalam sepatu.  Dahulu, proses pembuatannya akan memakan waktu selama lima hari, tapi sekarang  dengan mesin yang sudah mereka miliki, klompen diselesaikan dalam waktu sekitar  1 jam saja.

netherlands-girls

Source:www.travel.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s