Paul David Hewson (Bono)

bono  Paul Hewson dibesarkan di Dublin, Irlandia. Ayahnya, Bob Hewson, adalah seorang Katolik Roma sementara ibunya Protestan. Ia dididik dengan iman keagamaan yang kuat sebagai anggota dari Gereja Irlandia. Tetapi ketika ditanyakan apakah ia menyebut dirinya Katolik atau Protestan, penyanyi ini konon pernah mengatakan, “Saya selalu merasa seolah-olah berada di pagar.” Ibunya meninggal ketika ia baru berusia 14 tahun. Banyak lagu U2, khususnya dari album-album yang pertama (“I Will Follow“, “Out of Control”, “Tomorrow”), terpusat pada bagian dari hidupnya ini.

Bono belajar di Mount Temple Comprehensive School, sebuah sekolah dengan agama campuran (Protestan dan Katolik), sekolah yang pertama seperti ini di Dublin. Di situlah ia mendapatkan nama julukan “Bono Vox Of O’Connell St.” Pada 1976 ia menjawab iklan yang dipasang oleh rekannya sesama siswa Larry Mullen, Jr. untuk membentuk sebuah band. Begitu pula Dave Evans (alias The Edge), saudara dari Dik Evans (yang tak lama kemudian meninggalkan band itu), dan Adam Clayton. Keempat orang sisanya membentuk sebuah band yang dinamai ‘Feedback’, lalu mengganti namanya menjadi ‘The Hype’ dan akhirnya bertahan dengan nama U2. Mulanya Bono bernyanyi, bermain gitar dan menulis lagu. Setelah The Edge semakin mahir bermain gitar, Bono dipindahkan posisinya ke vokal, meskipun ia sering bermain gitar akustik dan harmonika. Bono menikah dengan pacarnya semasa di SMU, Alison “Ali” Stewart, pada 21 Agustus 1982. Penyanyi ini telah menyebutkan dalam sejumlah wawancaranya bahwa keterlibatannya dengan U2 dan hubungnya dengan Ali dimulai kira-kira pada waktu yang bersamaan. Pasangan ini mempunyai empat orang anak – Jordan (l. 1989), Memphis Eve (‘Eve’ l. 1991), Elijah Bob Patricius Guggi Q (l. 1999) dan John Abraham (l. 2001).

Pada 1992, bersama dengan gitaris U2, The Edge, Bono membeli merapikan kembali Clarence Hotel, sebuah hotel dua bintang dengan 70 kamar di Dublin dan mengubahnya menjadi hotel lima bintang dengan 49 kamar, yang segera mendapatkan reputasi sebagai salah satu hotel yang paling bergaya (dan mahal) di kota itu.

Pada 2002, Bono menulis pengantar dari “Kitab Mazmur“, dalah satu dari sembilan kitab dari Alkitab yang diterbitkan secara terpisah dalam seri Pocket Canons Canongate Book.

Nama julukannya, “Bono Vox” – biasanya disingkat menjadi “Bono” – diubahnya dari Bona Vox, sebuah merek alat pendengar yang dalam bahasa Latin berarti “suara yang baik”. Bono memilih nama itu karena itu adalah nama sebuah toko yang secara teratur ia lewati di North Earl Street, tepat di ujung O’Connell Street, di Dublin. Namun demikian, “Bono Vox”, secara harafiah berarti “Suara bagi si orang baik”, Vox, subjeknya dan Bono, objek tak langsungnya. Kata bono juga merupakan slang dalam bahasa Italia untuk “sexy” .

Bono dan U2

U2 adalah kelompok musik populer asal Irlandia yang beranggotakan Bono(Paul David Hewson, vokal dan gitar), The Edge (David Howell Evans, gitar, piano, vokal dan bas), Adam Clayton (bas dan gitar) dan Larry Mullen, Jr(drum). Group musik ini terbentuk pada Tahun 1976.

u2  U2

Bermula dari Iklan Mading yang ditempel di sebuah sekolah menengah atas di Dublin, Irlandia, dan dapur rumahnya Larry Mullen, Jr. menjadi saksi sejarah terbentuknya U2. Iklan yang ternyata dipasang Larry Mullen itu berhasil menarik minat 6-7 orang. Tempat audisi pun berlangsung di dapur sempit di rumahnya. Dari situ terhimpunlah Dave Evans atau The Edge (gitar), Adam Clayton (bas), dan Paul Hewson (Bono).

Di awal kemunculannya grup ini memilih nama Feedback dan banyak melantunkan cover lagu dari grup Beatles. Pada tahun 1977, nama mereka berganti lagi menjadi Hype. Karena grup ini ditinggalkan oleh Dick Evans maka mereka pun nama group bandnya menjadi U2. Dengan mengutamakan suaragitar, warna musik U2 jadi lebih bergaya post-punk, sebuah hal yang ironis karena pada tahun ’76 ketika U2 baru dibentuk, musik punk bahkan belum sampai ke Irlandia.

Keberuntungan baru datang pada 1980, ketika mereka bergabung dengan Island Records, yang didirikan oleh Chris Blackwell. Mereka merilis Boy, sebuah album yang dinilai sebagai karya yang sangat cocok dengan anak muda. Identitas khas U2 baru tampak jelas ketika mereka merilis War pada 1983. Lagu Sunday, Bloody Sunday, yang membahas tentang kekerasan di Irlandia Utara, langsung menjadi cap bahwa U2 band idealistis dan politis. U2 tenang-tenang aja dan malah milih lagu ini jadi lagu kebangsaan.

Setelah sukses menjajah Inggris, pelan-pelan mereka menggempur Amerika. Tur mereka di tanah jajahan baru ini laris. Pada tahun 1985 majalah Rolling Stone menjuluki U2 menjadi Band 1980-an, bagi fans rock and roll yang jumlahnya terus bertambah, U2 menjadi band yang paling dianggap, mungkin bahkan satu-satunya band yang paling penting.

U2 benar-benar berada di puncak ketika The Joshua Tree dirilis tahun 1987. Album ini merebut posisi nomor satu di daftar album terlaris Inggris dalam waktu sangat singkat, dan kemudian mulai merambah Amerika dan bertahan hingga sembilan pekan. Karena lagu andalannya benar-benar merajai, U2 sempat jadi laporan utama majalah Time dengan judul Tiket Rock Terpanas. Inilah kehormatan yang hanya didapat oleh dua band lain, The Beatles dan The Who.

Sekarang, hampir 30 tahun kemudian, U2 masih berjaya sebagai salah satu band paling berpengaruh di dunia dan mendapat beragam penghargaan, termasuk 22 buah Grammy Awards.

source:http://id.wikipedia.org/wiki/U2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s