Keju Perancis

keju

Keju Perancis adalah segala jenis keju yang diproduksi baik secara modern ataupun tradisional di negara Perancis.

Hingga saat ini Perancis memproduksi sekitar 400 jenis keju (fromagedalam bahasa Perancis) yang berbeda. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan ketika Charles de Gaulle memerintah di Perancis. Ketika itu variasi keju di Perancis ada sebanyak 246 jenis.[Keju-keju tersebut ada yang dibuat dari susu sapi, susu biri-biri, susu kambing atau kombinasi dari beberapa jenis susu. Setiap daerah di Perancis memiliki keju khususnya masing-masing. Daerah Normandy terkenal denganCamembert and Pont l’Evêque. Daerah lembah Loire dan Provenceterkenal dengan keju dari susu kambing yang rasanya tajam sepertiAlsace dan Munster. Daerah Alpine memiliki keju seperti Reblochon dan Beaumont yang teksturnya keras dan rasanya lebih halus. Sedangkan daerah Paris memproduksi keju yang sangat bergengsi di dunia yaitu Brie.

Kriteria Keju Perancis

Appellation d’Origine Contrôlée  (AOC) menjamin bahwa produk-produk dibawah perlindungannya memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Produk tersebut selalu diproduksi secara konsisten dengan cara tradisional.
  • Produk tersebut diproduksi dengan bahan-bahan dari wilayah geografis yang ditentukan dan paling tidak dimatangkan sebagian di daerah tersebut.
  • Karakteristik dari produk tersebut memnenuhi standar yang ditetapkan.
  • Proses produksi diatur secara ketat oleh komisi pengawas yang mengikuti standar AOC.

Klasifikasi

Berikut ini adalah empat kategori utama produksi keju yang diperbolehkan di Perancis berdasarkan AOC:

Kategori Keterangan
Fermier keju dari “petani” yang dibuat menggunakan metode tradisonal dan susu yang tidak di pasteurisasi. Semua susu harus berasal dari binatang yang diternakkan di peternakannya sendiri.
Artisanal keju yang dibuat oleh pabrik kecil di mana susu yang digunakan didapat dari peternakan sendiri dan bisa juga ditambah dari petani-petani lain di daerah setempat.
Coopérative keju yang dihasilkan dari susu yang dikumpulkan oleh para petani yang tergabung dalam usaha tani kolektif.
Industriel kaju yang dibuat di pabrik dalam jumlah yang besar dengan susu yang didapatkan di daerah setempat atau cakupan wilayah yang lebih luas, atau bahkan dari segenap penjuru Perancis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s