Lezatnya Dim Sum

Dim sum (tradisional: 點心, sederhana: 点心 hanyu pinyin: dianxin) adalah istilah dari bahasa Kantonis dan artinya adalah “makanan kecil”. Biasanya dim sum dimakan sebagai sarapan atau brunch. Namun karena dimsum populer ke dunia dari Hongkong maka istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin.

Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan makanan bersama teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh yang disebut yamcha(Hanzi: 飲茶, hanyu pinyin: yincha).

Dim sum sudah dikenal sejak zaman dinasti Han (206 SM – 220). Dim sum berawal dari jalan sutra. Banyak pedagang yang memerlukan tempat istirahat dalam perjalanannya pulang pergi dalam membawa barang dagangannya. Di warung teh ini kadang mereka hanya melepas lelah sebentar untuk kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Kadang ada petani yang setelah bertani sore harinya juga pergi ke warung teh sekedar untuk berkumpul dengan temannya sambil minum teh. Mereka kadang hanya makan makanan yang ringan saja sebagai teman minum teh, makanan inilah yang dinamakan dianxin (Mandarin) atau dimsum (Kanton) yang arti harafiahnya sedikit tapi lekat dihati. Sedangkan acara minum teh plus makan dimsum-nya dinamakan Yum Cha  atau minum teh.

Tradisi ini semakin lama semakin memudar di Cina, hingga di dinasti Yuan (1279-1368) sudah banyak yang melupakannya. Hanya masyarakat di Cina selatan saja yang masih mempertahankan tradisi ini yaitu di sekitar Guangzhou. Ini dikarenakan adanya anggapan bahwa makan cemilan sambil minum teh dapat membuat gemuk. Karena Hongkong dekat dengan Guangzhong ini maka kebiasaan ini juga masih terus dipertahankan di Hongkong sampai dikenal oleh seluruh dunia sehingga yang dikenal di dunia adalah DimSum bukan Dian Xin.

Jenis Dimsum

Ada banyak jenis dimsum sampai saat ini diperkirakan ada sekitar 2000 jenis. Tapi biasa yang disajikan oleh restauran hanya beberapa puluh saja. Dari sekian banyak jenisnya bisa dibagi dalam 2 jenis besar, yaitu dimsum kukus dan dimsum goreng. Dimsum kukus biasanya dikukus dalam wadah yang terbuat dari bambu agar dapat disajikan dalam keadaan masih panas (mungkin karena di cina banyak terdapat pohon bambu). Salah satu yang menjadi favorit banyak orang dari jenis ini adalah Siomay yang terbuat dari cincangan daging babi dan udang (beberapa restauran diganti dengan daging ayam agar halal).

    
dim sum kukus                        dim sum goreng

sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s