Fusuma, penyekat ruang

 

Fusuma () adalah panel berbentuk persegi panjang yang dipasang vertikal pada rel dari kayu, dapat dibuka atau ditutup dengan cara didorong. Kegunaannya sebagaipintu dorong atau pembatas ruangan pada washitsu.

Seperti halnya shōji, fusuma dipasang di antara rel kayu; rel bagian atas disebut kamoi (鴨居) dan rel bagian bawah disebut shikii (敷居). Rangka dibuat dari kayu dan kedua sisi permukaannya dilapis dengan washi, kain (serat alami atau serat sintetis), atau vinil. Bila kertas pelapis sudah rusak atau sekadar ingin berganti suasana, kertas lama bisa dilepas dan diganti dengan kertas baru. Kedua belah permukaan fusuma dipasangi hikite yang berfungsi seperti pegangan pintu sewaktu mendorong fusuma.

Fungsi Fusuma

  • Partisi
Ketika sedang tidak diperlukan, fusuma bisa dilepas dengan mudah karena ringan. Luas ruang yang disekat fusuma bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan
Ketika udara lembap, fusuma menyerap uap air, dan melepaskannya ketika udara kering. Kemampuan mengatur kelembapan membuat fusuma dipakai sebagai penutup oshiire.
  • Dekorasi
Permukaan fusuma dulunya dilukis dengan pemandangan alam seperti pegunungan, hutan, dan bintang. Sekarang ini, corak-corak pada pelapis fusuma merupakan hasil cetakan pabrik. Sejumlah lukisan di atas fusuma (fusuma-e) di kuil Buddha dan istana dari zaman Kamakura hingga zaman Edo telah menjadi peninggalan budaya yang penting.
http://www.youtube.com/watch?v=cu5Vi63DPtQ

sumber: dari beberapa sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s