Krisan, si bunga nasional Jepang

 Bunga seruni, krisan, atau krisantemum adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik. Tumbuhan berbunga ini mulai muncul pada zaman Kapur.

Bunga seruni adalah bagian dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran atauAsteraceae yang mencakup bermacam-macam jenis Chrysanthemum.

Bunga nasional Jepang ini dalam bahasa Jepang disebut sebagai キク (kiku). Karena aromanya yang wangi , bunga ini sering di tambahkan ke dalam teh agar lebih wangi dan nikmat.

 Chrysanthemum tea

Di Jepang, bunga Chrysanthemum menyimbolkan kesetiaan, optimisme, kebahagiaan dan panjang umur, 1 kelopak bunga Chrysanthemum yang ditaruh di dasar gelas anggur dipercaya berkhasiat memberikan hidup yang panjang dan sehat. Bunga ini dirayakan dalam sebuah festival yang bernama Choyo no sekku (festival kebahagiaan) dan dirayakan di seluruh Jepang pada bulan ke sembilan. Meski bukan berasal dari Jepang, bunga ini dianggap sangat penting di negara matahari terbit. Chrysanthemum diadopsi menjadi bunga lambang keluarga kekaisaran oleh Kaisar Gotoba, bahkan tahta kekaisaran Jepang disebut dengan nama Chrysanthemum Throne. Bunga ini pertama kali dibawa ke Jepang oleh para biksu Buddha sekitar abad ke-4 Masehi.

Karena dipercaya memiliki khasiat menenangkan, Chrysanthemum juga digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sebagai teh dan kelopaknya dibuat menjadi bantal di Jepang. Chrysanthemum juga digunakan oleh Konfusius, salah satu tokoh bangsa Cina, sebagai objek meditasi.


Kimono dengan corak Chrysanthemum

sumber: dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s