Kaiseki

Arti Kaiseki diambiil dari sebuah cerita yang mengatakan bahwa para pendeta Budha yang menjalankan  ajaran Zen dengan sangat disiplin pada zaman  dahulu membawa batu panas (seki) di dalam kantong kimono yang mereka pakai agar mereka dapat menjalankan puasa dengan baik. 

Dalam A Dictionary of Japanese Food disebutkan 2 arti dari Kaiseki.

a. Kaiseki-Ryori  adalah hidangan yang disajikan pada saat pesta sake.

b. Kaiseki-Ryori atau Cha-Kaiseki adalah hidangan yang dibuat untuk menemani saat upacara minum teh.

Kaiseki-Ryori merupakan makanan ringan  yang dihidangkan pada saat upacara minum teh dengan maksud untuk mempersiapkan perut sebelum meminum teh. Porsi hidangan biasanya hanya sekitar delapan puluh persen dari yang biasa dimakan sehari­ hari. Bahan-bahan yang digunakan dalam Kaiseki-Ryori selalu disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung. Biasanya pada saat musim panas. dihidangkan ikan, saat   semi para tamu akan menikmati kesegaran dari sayur-sayuran hijau yang menyegarkan. Selanjutnya pada bulan Agustus Kaiseki-Ryoiri yang dihidangkan akan berupa masakan vegetarian.

Tidak ada yang istimewa  dalam Kaiseki-Ryori. Kebanyakan dari hidangannya merupakan makanan sehari-hari dan merupakan bagian dari masakan  Jepang tradisional. Yang membuat Kaiseki-Ryori  menjadi istimewa dan unik adalalah ketelitian dalam mempersiapkan dan menyajikannya.   Yang  harus  dihindari  dalam  Kaiseki-Ryori adalah ornamen berlebihan. Dan dalam Kaiseki-Ryori,  harmonisasi dari tempat penyajianya yang beragam, bentuk makanan yang berbeda satu  sama lain merupakan salah satu bentuk kepuasan tersendiri. Dalam mempersiapkan  Kaiseki-Ryori yang harus diperhatikan juga adalah menjaga bahan-bahan masakan yang digunakan agar rasanya tetap segar dan dalam kualitas  yang baik.

sumber: dari beberapa sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s