Festival Musim Semi di China

Tahun Baru China biasanya merupakan awal  datangnya musim semi, Musim semi di China adalah saat di selenggarakanya beragam festival di beberapa tempat ibadah atau klenteng yang ada di Beijing dan di daerah lain di China

Khususnya di Beiing , warga Beijing biasanya mengunjungi klenteng setelah bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, membagi amplop merah berisi uang yang disebut hongbao serta menikmati sajian buah-buahan dan makanan simbol kemakmuran, seperti dim sum atau jiaozi.

Kebanyakan warga Beijing mendatangi klenteng-klenteng yang menggelar rangkaian festival musim semi, termasuk di antaranya Klenteng Changdian. Di klenteng itu, warga antara lain disuguhi pertunjukkan beberapa tarian. Warga juga dapat menikmati sajian kuliner dan teh hangat serta membeli barang-barang kerajinan tangan khas China. Klenteng Changdian punya beberapa toko barang antik tradisional China yang sebagian besar terbuat dari batu giok, juga kaligrafi China, dan lukisan cat air.

  Klenteng Changdian.

Lain dengan di Klenteng Ditan, warga diingatkan kembali pada segala hal yang berhubungan dengan kejayaan Dinasti Qing, termasuk melalui aneka makanan kecil khas China dan Beijing khusus. Sementara di klenteng yang lainnya yaitu klenteng Dongyue menggelar pertunjukan seni dan pameran bertajuk “Fu” yang artinya keberuntungan.

Masih banyak lagi festival musim semi dengan beragam aktivitas yang intinya mengajak warga masyarakat, terutama generasi muda, untuk mengenal sejarah perjalanan China yang sudah ratusan ribu tahun.

Perayaan Tahun Baru menurut penanggalan kalender China berlangsung selama 15 hari yang ditutup festival lentera.


Selain mengunjungi rangkaian festival musim semi di beberapa klenteng, warga Beijing dan sekitarnya juga menikmati liburan dengan mengunjungi sejumlah obyek wisata seperti Lapangan Tiananmen, kompleks Kota Terlarang, dan kebun binatang Beijing.

Sebagian warga juga menikmati liburan dengan menyalakan petasan dan kembang api, meski dengan jumlah terbatas dan sesuai waktu yang ditetapkan pemerintah untuk mengurangi tingkat polusi udara.

Berikut dapat kita simak video tentang Spring Festival di Beijing China

sumber: dari beberapa sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s