Tari Bondan Kendhi

Beberapa hari yang lalu saat menjemput anak saya dari sekolah, saya sempatkan masuk ke aula sekolah untuk melihat beberapa murid belajar menari. Tari yang mereka pelajari adalah Tari Bondan Kendhi. Saya masih ingat saat saya seusia mereka, hampir setiap sore berlatih tari Bondan Kendhi tersebut.

Tari Bondan Kendhi ini berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Tarian ini menceritakan bahwa kasih sayang ibu kepada anaknya dengan menggendong bayi serta membawa payung terbuka dengan hati-hati . Tari Bondan ini dilakukan oleh seorang wanita dengan menggendong boneka bayi dengan payung terbuka yang harus hati-hati karena  menari di atas kendi dan kendhi itu tidak boleh sampai pecah.

Kesulitan dari Tari Bondan Kendhi ini adalah menari diatas kendi dan sambil berputar serta berayun. Waktu itu saya menghabiskan banyak kendi karena pecah bila tidak dapat mengatur keseimbangan tubuh saat berayun dan berputar.

Selain Bondan Kendhi, ada beberapa jenis Tari Bondan, yaitu Bondan Tani, Bondan Mardisiwi dan Bondan Cindogo. Biasanya tarian Bondan di tarikan oleh anak-anak perempuan. Mencintai budaya asli Indonesia adalah penting sebagai wujud kecintaaan tanah air dan bangsa. Salut untuk anak-anak yang masih mau belajar menari tarian asli Indonesia.

sumber : beberapa sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s