Tour de France

Tour de France (bahasa Perancis untuk Tur Perancis) adalah kejuaraan balap sepeda paling bergengsi di dunia. Kejuaraan ini merupakan balapan jalanan jarak jauh untuk pembalap sepeda profesional yang diadakan sepanjang tiga minggu pada bulan Juli di Perancis. Tour de France diadakan setiap tahun sejak tahun 1903, namun pernah berhenti saat Perang Dunia I dan II.

Tour de France, bersama dengan Giro d’Italia dan Vuelta a España adalah tiga Grand Tour dalam balap sepeda. Pemenang terbanyak kejuaraan ini adalah Lance Armstrong (7 kali).

Sejarah Awal dan Aturan

Ketika balapan dimulai pada tahun 1903, pembalap boleh berlomba di malam hari.

Namun pada tahun 1904, aturan ini ditiadakan karena pembalap berpotensi berlaku curang di malam hari akibat wasit yang tidak bisa melihat mereka.

Serangkaian skandal doping pada tahun 1960 membuat Uni Cycliste Internationale, sebuah asosiasi olahraga bersepeda internasional, memutuskan mengurangi jarak harian dan jarak keseluruhan serta memberikan waktu istirahat di setiap tahap.

Pembalap Tour de France juga memiliki tradisi mengenakan kaus (jersey) khas untuk menandakan pencapaian yang diraihnya dalam lomba.

Berikut adalah jenis jersey yang mereka gunakan:

– Jersey kuning

Dikenal sebagai maillot jaune dalam bahasa Prancis, dikenakan oleh pemimpin lomba secara keseluruhan. Jersey kuning pertama kali dikenakan pada tahun 1919 dan seterusnya.

– Jersey hijau

Dikenal sebagai maillot vert dalam bahasa Prancis, diberikan untuk jawara sprint.

Ada lima jenis tahapan dalam Tour de France, datar, menengah, pegunungan, individual time trial dan team trial.

– Jersey putih dengan titik-titik merah

Dikenal sebagai maillot à pois rouges dalam bahasa Perancis, yang dikenakan oleh pembalap yang bertengger di puncak tahap pegunungan. Pemenang tahap ini disebut ‘King of the Mountains’.

– Jersey putih

Dikenal sebagai maillot blanc di Perancis, diberikan kepada pembalap yang berusia 25 tahun per tanggal 1 Januari tahun itu.

sumber: dari beberapa sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s