Pantun Canda

“Adik kecil duduk anteng, sambil makan buah duku
Jadi cowok jangan sok ganteng, masih keren bapak aku”

Berpantun , saat ini bukan hal yang biasa. Jarang orang berpantun untuk berkomunikasi. Pantun merupakan puisi lama sebagai penguat untuk menyampaikan pesan. Seiring dengan waktu, saat ini banyak anak muda yang mulai menggemari pantun dan membuat pantun lebih indah, misalnya dengan Pantun Canda.

Melalui pantun Canda,anak muda lebih kreatif dalam menyampaikan pesan. Berikut beberapa contoh pantun canda:

  1. Pantun NarsisDinosaurus makan duren, biar kurus yang penting keren

    Buah mangis dimakan ulet, yang baca makasih banget
    Buah kedongdong buah duren, biar gondrong asal keren

    Beli buku campur kubis, emang aku lucu abis

    Burung gelatik matanya lentik, aku cantik banyak yang ngelirik

    Jalan-jalan ke gunung Himalaya,sambil naik burung Onta
    Hayo siapa yang kangen saya, bilang aja tapi jangan main mata

    Hitam-hitam kereta api,penumpang sesak biar berdiri
    Hitam-hitam kulitku ini, banyak teman yang antri

    Sore-sore baca koran,minum sekoteng di pinggir kali
    Semua orang pada heran, kenapa muka ganteng sekali

    Paling enak makan duku, sambil minum teh manis
    Kalau kamu kangen aku, ingat saja wajahku yang manis

    Bersama putri Srikandi mentap indahanya pelangi
    Meski aku belum mandi tetep bau wangi

    Banteng besar potong kuku, sambil ngobrol sama burung gelatik
    Tega banget bocorin rahasiaku,walau aku cewek yang cantik

    2. Pantun Ngeledek

    Pake baju lupa disetelika, kesasar di hutan masuk ke gua
    Dasar kamu anak durhaka, jarang mandi dan lupa berdoa

    Pohon jati pohon cemara, tingginya tiada terkira
    Wangi kamu memang disuka, bkikin lalat datang semua

    Susah sekali ketemu raja, raja arif bijasana
    Kalau kangen bilang saja, nggak usah pake malu segala

    Ke pasar beli pita, beli juga sekotak dupa
    Kau sungguh cantik jelita, sayang hatimu buruk rupa

    Jalan-jalan ke Parangtritis,di sana ada yang jual pena
    Ada orang sok romantis tebar pesona dimana-mana

    Ke hutan cari manggis, ketemu ular yang mendesis
    Aku tahu kamu manis, tapi sayang sedikit narsis

    Ada ubi ada talas, ada budi ada balas
    Hari ini aku lagi malas, liat muka kamu perut jadi mulas

    Dan masih banyak lagi pantun tulisan anak muda yang lucu-lucu. Mudah-mudahan pantun teteap lestari di bumi Nusantara ini.

    sumber: Naik becak ke Timor Pantun Kocak for Junior

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s