Besepeda di Jepang Kring..kring..kring

Jepang merupakan satu dari 10 (sepuluh) negara pengguna sepeda terbanyak dari seluruh dunia menurut berbagai survei website. Mungkin karena di Jepang sudah didukung ketersediaan jalur sendiri-sendiri, seperti jalur untuk berjalan, bersepeda, dan bermobil.

Hasil gambar untuk jalur sepeda di Jepang

Tak hanya orang Jepang yang menggunakan sepeda untuk alat transportasinya, moda transportasi ini juga digunakan oleh banyak orang asing penggemar aktivitas bersepeda, di Jepang. Saat ini bersepeda sedang menjadi tren. Seperti lazim diketahui, dengan bersepeda, manfaat yang diperoleh adalah terbakarnya lemak serta turut menyelamatkan bumi dari polusi.Kami akan menjelaskan mengenai tata tertib dan hukum dalam menggunakan sepeda di Jepang.

Peraturan Bersepeda di Jepang

  • Kamu akan dikenakan denda 50.000 yen atau dipenjara selama kurang lebih 3 bulan jika menggunakan payung atau menggunakan telepon genggam saat bersepeda (kamu sering melihat hal ini bukan? Apalagi berpayung di saat hujan).
  • Bersepeda di malam hari tanpa helm berlampu juga akan dikenakan denda sebesar 50.000 yen.
  • Kamu harus berhenti di tanda STOP atau denda 50.000 yen dan kurungan 3 (tiga) bulan.
  • Bersepeda secara membahayakan, tidak berhenti di lampu merah, atau rem sepeda tidak berfungsi akan dikenakan denda maksimal 500.000 yen dan / atau 3 (tiga) bulan penjara.
  • Bersepeda dalam keadaan mabuk dilarang dan akan dikenakan hukuman maksimal 5 (lima) tahun penjara dan denda 1.000.000 yen.
  • Selain itu, memarkir sepeda juga harus dipahami, salah parkir pertama kali mungkin hanya mendapat peringatan petugas polisi, tapi jika terjadi lagi dan lagi, sepeda kamu akan disita petugas yang membuat kamu mengira sepeda kamu dicuri. Tetaplah bersikap tenang dan pertama-tama coba kamu cek apakah parkir di tempat terlarang atau tidak, kemudian cek sekitar tempat itu apakah ada tanda dilarang masuk? Jika ada, biasanya terdapat informasi kapan bisa mengambil kembali sepedamu dan berapa denda yang harus kamu bayar, yang berbeda di setiap distriknya, namun rata-rata besarnya 3.000 – 6.000 yen per sepeda (mungkin dendanya akan lebih mahal dari sepeda itu sendiri)

Sebenarnya masih banyak tata tertib yang harus dipatuhi seperti larangan bersepeda sambil mendengarkan iPod untuk keselamatan kamu dan tidak diperbolehkan membawa penumpang. Denda unutk pelanggaran menggunakan sepeda di Jepang sangatlah tinggi, mungkin perlu adanya tes agar kita mendapatkan Surat Ijin Bersepeda di kemudian hari.

Hasil gambar untuk parkir sepeda di Jepang

Petugas akan memasang tanda dilarang parkir untuk sepeda dan mencatat nomor izin sepeda, lihatlah bagian sisi dekat jalan akan ada peta berikut informasi untuk mengambil kembali sepeda dan tentu saja dendanya harus dibayar dan tidak bisa ditawar lagi.

Hasil gambar untuk bike rules in japan

http://www.youtube.com/watch?v=w43PPdM3sAI

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s