Maria Antonia

Maria Antonia (lahir di Vienna, Austria, 2 November 1755 – meninggal di Paris, 16 Oktober 1793 pada umur 37 tahun) adalah Ratu Perancis dan putri Kekaisaran Romawi Suci. Ia adalah putri dari Ratu Romawi Suci Maria Theresa dan suaminya, Franz dari Lothringen. Ia menikah dengan Louis XVI pada umur 14 tahun. Akibat posisinya sebagai istri dari Louis XVI dan ibu dari Louis XVII maka ia menemui ajalnya di pisau guillotine pada masa Revolusi Perancis pada tahun 1793 dan dimakamkan bersama suaminya di makam kerajaan di Basilika Saint Denis, Paris saat Restorasi Bourbon sekitar 1815.

Putri Maria Antonia lahir di Istana Hofburg, Wina, 2 November 1755 sebagai putri bungsu penguasa dinasti Habsburg terakhir, Ratu Romawi Suci Maria Theresa dan suaminya Francis I. Sehari setelah kelahirannya, ia dibaptis sebagai Maria Antonia Josepha (atau Josephina) Johanna. Orangtua baptisnya adalah Raja dan Ratu Portugal. Di Austria, ia adalah Putri Antonia, namun karena bahasa Perancis digunakan di Istana Hofburg, ia dipanggil Madame Antoine.

Pendidikan Antonia kurang baik, pada umur 10 tahun ia masih kesulitan membaca. Ia juga kesulitan dalam bahasa Jerman, Perancis, dan Italia; tiga bahasa yang fasih diucapkan keluarganya. Pendidikan Antonia difokuskan di bidang musik, menari, tata krama, dan penampilan.

Antonia pandai memainkan harpa, harpischord, spinet, dan clavichord. Saat keluarga kerajaan mengadakan acara musik pada sore hari, Antonia menyanyikan lagu-lagu Perancis dan Italia.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s