Pesta Kemerdekaan Tanah Air

Perayaan hari Kemerdekaan telah tiba. Bulan Agustus adalah bulan yang paling meriah di tanah air. Hampir di bagian dari negeri tercinta ini merayakan dengan berbagai perlombaan mulai tingkat RT sampai dengan kantor instansi. Jenis lombanya pun bermacam-macam baik untuk anak anak, remaja, dewasa bahkan manula, semua gembira, tertawa dan penuh dengan rasa merdeka. Demikian juga kegiatan pagi mulai senam bersama, jalan santai keluarga sampai dengan bergotong royong membuat panggung kemerdekaan.  Kemeriahan juga diwarnai dengan pembagian doorprize dan hadiah menarik untuk para pemenang lomba. Berikut perlombaan menarik dan unik di tanah air tercinta ini yang sering di dilombakan untuk kemeriahan hari kemerdekaan.

1. Makan Kerupuk

Hampir di setiap perayaan kemedekaan 17 Agustus tidak akan meriah tanpa perlombaan Makan Kerupuk ini. Lomba makan kerupuk, sangat tidak asing bagi warga Indonesia.  Aturan main lomba makan kerupuk sangat mudah dipahami tapi sulit ketika dicoba. Kerupuk yang menggantung harus dimakan habis tanpa bantuan tangan, jadi hanya menggunakan mulut. Lomba ini diikuti segala usia.

2. Lomba Kelereng atau Gigit Sendok
Menggigit sendok dengan kelereng di dalam sendok dan berjalan dengan jarak yang ditentukan. Sulit bukan?  Meskipun sulit lomba ini sering menjadi favorit peserta lomba. Kelereng sering jatuh pada permulaan langkah. Hal itu bagian dari ke seruan lomba ini. si pembawa sendok atau peserta harus berjalan cepat sampai dengan garis finis. Mau coba?

3. Panjat Pinang
Lomba yang satu ini memerlukan kerjasama yang baik antar anggota. Biasanya jumlah peserta satu tim antara 4 sampai dengan 6 orang. Lomba panjat pinang ini menjadi lomba yang cukup sulit dalam menyelesaikan tantangan ini. Pohon pinang yang lurus dan dilumuri dengan oli tentu sangat licin, sehingga dalam tim peserta harus saling membantu agar dapat mencapai puncak dan mengambil hadiah yang menarik yang digantung di puncak.

4. Memasukkan Pensil/Paku dalam Botol

Lomba ini  cukup seru, karena membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi. Konsentrasi dan rasa tenang adalah salah satu teknik agar dapat memasukkaan paku atau pensil ke dalam botol. Jika kita terlalu banyak bergerak, maka pensil akan bergerak lebih sering.

5. Balap Karung
Lomba ini juga sangat populer di perayaan hari kemerdekaan. Balap karung, perlombaan paling seru dan dibutuhkan teknik maupun kemampuan khusus agar tidak mudah jatuh dan bisa lompat dengan cepat, sehingga menjadi pemenang.

6. Tarik Tambang

Tarik tambang, permainan yang sudah mendunia ini tentunya sangat menguras tenaga. Permainan yang membutuhkan teknik dan juga tenaga ekstra ini tentu sangat ramai penggemarnya. Saling tarik antara dua kubu yang saling berlawanan ini tentunya sangat seru. Teriakan dan yel-yel pemberi semangat menambah keseruan lomba ini. Mari kita coba…

7. Tangkap Belut

Permainan yang sedikit menjijikan bagi para wanita ini tentu tidak ingin diikutinya. Lomba menangkap belut dan memasukannya ke dalam botol atau ember. Tugas yang mudah untuk didengar, tapi susah untuk dilaksanakannya. Belut yang licin ini tentu sangat susah untuk dipegang, tapi itulah keseruan dari permainan ini. Semakin belut susah dipegang semakin seru lomba ini.Berani tangkap belut?

8. Lomba Bakiak Bersama

Lomba bakiak atau sandal klompen ini diperlukan konsentrasi, ritme, kekompakan, teknik, dan juga rencana yang matang agar dapat berhasil melaju ke garis finish tanpa harus jatuh. Kesulitan dalam permainan bakiak ini adalah ritme langkah yang tidak selaras atau tidak sama, sehingga salah satu anggota akan jatuh dan yang lain tentu akan ikut jatuh. Itulah kelucuan dan keseruan dari permainan bakiak atau klompen ini.

9. Pukul/Perang Bantal

Permainan yang tidak bisa dimainkan oleh anak kecil ini tentu mengundang banyak kelucuan. Perang antara dua orang di atas batang bambu dan di bawahnya terdapat air ini tentu sangat lucu dan seru bila disaksikan secara langsung. Dalam permainan ini, kedua pemain akan saling pukul memukul dengan bantal, dan yang jatuh dulu adalah yang kalah.

10. Pukul Balon Air


Lomba biasanya diikuti anak-anak. Lomba yang dibutuhkan konsentrasi untuk memukul balon berisi air dengan mata tertutup. Permainan yang susah memang untuk dilakukan, apalagi bila mata harus tertutup. Permainan yang cukup susah ini tentunya akan mengundang banyak tawa dan keseruan bagi para penontonnya.

Nah bagaimana di tempat anda? Lomba apa saja yang anda ikuti untuk merayakan hari kemerdekaan negeri tercinta ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s